All About Techno And Android Tutorial

Gejala Android Anda Mengalami Kerusakan

Ada orang yang merasa kemunculan iklan adalah hal biasa. Ada yang berpikir android macet sesekali itu biasa. Bahkan ada yang menganggap bahwa android yang baterainya cepat habis itu normal-normal saja. Memang, ada yang normal. Tapi anggapan normal seharusnya punya batasan tersendiri sehingga tidak membuat kita terlena. Kalau memang memiliki gejala kerusakan ya harusnya bersyukur sudah terdeteksi dini. Anda sendiri harus tahu apa saja gejala android mengalami kerusakan seperti di bawah ini.

Gejala Android Anda Mengalami Kerusakan

1.Bootlop

Bisa memakai internet, pernah dengar istilahnya tapi tidak tahu definisinya. Bootlop memang masalah umum bagi pengguna android, tapi bukan berarti bisa disepelekan begitu saja. Bootlop adalah kondisi di mana smartphone akan tetap menyala saat dihidupkan akan tetapi loading tidak kunjung selesai alias macet. Bisa berhentinya di bagian logo bisa juga malah tidak menampilkan apa-apa saat loading HP dinyalakan.  Bootlop ini diakibatkan oleh kerusakan sistem sehingga terjadi kegagalan proses boot secara terus menerus.
Bootlop bisa menyerang mereka yang baru saja mengupdate androidnya ke versi lebih tinggi atau mereka yang barus selesai flashing ROM. Jika memang baru melakukan kedua hal tersebut maka Anda sudah harus melakukan recovery alias pemulihan. Hapuslah partisi cache atau lebih ampuh lagi lakukan factory reset sekalian.

2.Baterai

Permasalahan baterai ada banyak. Mulai HP harga 500 ribu ke bawah sampai 2 juta ke atas pada akhirnya semua memiliki masalah dengan baterai. Baterai yang kembung dan bocor adalah salah satu indikasi terjadinya kerusakan pada android Anda. Hal ini bisa dipicu oleh kebiasaan mengisi baterai dalam waktu sangat lama. Kerusakan pada baterai yang nyata-nyata terlihat pada fisiknya seharusnya sudah harus diganti. Percuma Anda memaksakan baterai tersebut bekerja optimal meskipun Anda sudah pakai penghemat daya. Baterai kembung apalagi bocor hanya akan menambah resiko kerusakan pada smartphone. Beda lagi dengan baterai yang cepat habis alias drop. Anda harus mengecek fisik baterai apakah ada perubahan buruk atau tidak.

3.Jatuh

Siapa yang punya smartphone tidak pernah jatuh sama sekali dalam jangka waktu setahun pemakaian. Tidak ada pemilik smartphone yang menginginkan jatuhnya ponsel, apalagi kalau sampai terbentur benda keras dan terjunnya dari ketinggian lumayan. Seharusnya Anda tidak usah mencoba utak-atik HP begitu menggenggam lagi HP yang jatuh dan langsung berakibat pada fisik smartphone. Semisal layarnya pecah semua, tidak bisa nyala atau ada hal lain lagi itu bisa dikonsultasikan dengan service center. Jadi ibarat manusia habis kecelakaan langsung dibawa ke dokter.

4.Kena Air

Seperti jatuh tadi, sering ponsel kena air tanpa sengaja. Bahkan ada yang masuk ke air sampai Hpnya harus ganti mesin. Air memang bisa membuat smartphone korslet atau dikenal dengan istilah short circuit. Ponsel yang baru mandi memang sudah seharusnya dibongkar untuk kemudian dikeringkan sekira dua harian di atas beras supaya benar-benar mengering kembali.

5. Layar

Crash, error, restart tanpa diminta itu sudah gejala kerusakan pada smartphone. Cek saja apakah ada masalah dengan firmware atau tidak. Jika iya maka Anda harus update firmwarenya, memback up data lalu flashing. Kalau bingung dan merasa ribet maka datanglah ke service center.
Di lain cerita ada ponsel yang layarnya bisa nyala tapi malah putih semua atau blank. Cara mengetes ada kerusakan pada smartphone atau tidak adalah dengan turn off. Nanti bila Anda mendengar ada suara diiringi getaran aktif pada saat proses dihidupkan dan dimatikan itu artinya memang ada kerusakan pada driver display.

6. Charger

Kalau masalahnya charger memang cara mengetesnya sangat mudah. Ganti dengan charger lain, kalau masuk berarti charger Anda yang rusak, kalau tidak maka colokan listriknya yang rusak. Hal ini berlaku selama Anda memakai charger (Adaptor dan kabel) asli.
6 hal di atas dapat membantu Anda mengenali gejala kerusakan pada smartphone. Semoga membantu.
Tag : ANDROID
0 Komentar untuk "Gejala Android Anda Mengalami Kerusakan"

Back To Top